Selasa, 27 September 2016

Velg Jari-jari VS Velg Racing

Velg Jari-jari VS Velg Racing


Saat ini mungkin sudah banyak pengguna sepeda motor yang melakukan modifikasi pada motornya baik yang menggunakan velg racing atau velg jari jari dan tentunya semuanya memiliki ciri khas tersendiri dan juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.
Ya orang memilih velg racing atau jari jari tentunya berdasarkan selera dan juga desain yang ditawarkan agar cocok dengan motor yang dimiliki oleh pemiliknya. Sebagai contoh saya sendiri sebagai pengguna motor vixion saya lebih suka modif motor menggunankan velg racing lebar dengan yang belakang ukuran 4.5 inci dan velg depan menggunakan ukuran 3.0 inci,sedangkan ban yang ingin saya pasang yaitu untuk ban belakang menggunakan Corsa Platinum 150/60–17  sedangkan untuk ban bagian depan Corsa Platinum (110/60/17).
Dipasaran indonesia ini sudah banyak velg yang dijual berdasarkan jenisnya terdapat 2 yaitu velg racing /palang atau istilahnya yaitu cast wheel kemudian untuk jenis yang kedua yaitu velg jari jari atau ruji atau istilah lainya yaitu spoke wheel.
Nah pada kesempatan ini saya akan bagikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan kedua velg tersebut ,jika diperhatikan pada gambar dibawah ini terdapat perbedaan yang cukup mencolok yaitu dari bentuk fisiknya tapi untuk fungsi masih sama yaitu sebagai penahan berat beban keseluruhan body dan mesin motor.

konveksi seragam murah

OK kita bahas yang velg jari jari terlebih dahulu kemudian selanjutnya kita bahas velg racing /cast wheel

Velg Spoke Wheel / Ruji / Jari-Jari

Velg jenis ini yaitu jari jari atau ruji itu memiliki bagian utama agar bisa digunakan diantaranya yaitu velg, ruji /jari jari dan tromol. Untuk velg jenis yang satu ini biasanya digunakan pabrikan untuk motor yang masih mengusung mesin 110 cc dan 125 cc atau di tahun 2009an .Ya velg ruji atau jari jari ini memiliki daya tahan yang lumayan cukup kuat untuk menerjang jalan yang tidak rata atau jalan yang banyak lubang.
Karena kekuatan velg yang tinggi maka velg jenis ini juga banyak digunakan untuk balapan road race, off road dan juga motocross. Untuk motor cross memang kebanyakan menggunakan velg jari jari dikarenakan memang medan yang dilalui kebanyakan yaitu lumpur, bebatuan dan sebagainya sehingga dibutuhkan velg yang kokoh dan kuat.
Saat berkendara kemudian terjadi benturan keras dengan lubang yang cukup besar kemungkinan yang akan terjadi pada velg tersebut yaitu bengkok saja pada bagian velgnya tidak sampai patah ya walaupun ada juga yang patah tapi tergantung bahan pada velg yang digunakan. Ya walaupun bengkok tapi masih bisa diperbaiki yaitu dengan di press ulang menggunakan mesin ,maupun diganti velg dengan yang baru. Selain kuat velg jenis jari jari ini juga memiliki bobot yang cukup ringan dari velg racing ,nah itulah alasan beberapa pembalap road race menggunakan velg jari jari ,apalagi ajang balap di trek lurus (drag race) maka dibutuhkan motor yang kenceng dan enteng untuk dipacu dilintasan jalan yang lurus. Sedangkan jika anda ingin memasang ban tubeless di velg jari jari maka tidak bisa langsung dipasang melainkan anda harus memodifikasi /diakali terlebih dahulu agar bisa dipasang.

Velg Jari-jari VS Velg Racing

Velg Jari-jari VS Velg Racing

Sebagian pengguna motor ada yang berpendapat bahwa velg dengan model ini kurang keren dan juga memiliki kekurangan yaitu susah untuk mencucinya karena membutuhkan kesabaran dalam membersihkan setiap ruji satu persatu, kalau ada yang terlewat tentunya bisa terjadi karat (apa lagi musim hujan). Sedangkan jika ingin mengganti maka harus mengganti satu set dan harus disetel ulang agar bisa digunakan dalam hal ini tentunya lumayan cukup memakan waktu . untuk velg jenis spoke wheel ini kurang stabil jika terjadi hard breaking maupun digunakan untuk selap selip/zig zag/ manuver selain itu juga pada bagian bearing (laher ,laker) lebih cepat obal
Kesimpulan :
Kelebihan Menggunakan Velg Jari jari /Ruji :
  • Velg lebih ringan
  • Velg lebih luat
  • Dalam membeli bisa diecer, misalnya membeli rujinya , velgnya atau tromolnya saja.
  • Memiliki harga yang cukup terjangkau alias murah
  • Bisa disetel ulang jika terjadi kerusakan misalnya bengkok
Kekurangan Menggunakan velg Jari jari /ruji :
  • Untuk kestabilan kurang maksimal
  • Tampilan kurang keren alias stylenya kurang sporty *tapi tergantung selera
  • Boros bearing karena velg jenis jari jari biasanya gampang rusak dibagian ini tapi ya tergantung pemakaian juga
  • Rawan terjadi karatan apa bila tidak benar benar bersih dalam melakukan perawatan velg jari jari ini.
  • Kekurangan yang lain yaitu susah dalam melakukan pencucian atau membersihkan velg jari jari ini.

Velg Cast Wheel / Velg Racing

Nah selanjutnya kita bahas mengenai velg racing velg yang satu ini sekarang ini sudah banyak digunakan oleh produk produk motor semua pabrikan motor. Velg ini banyak digunakan karena praktis, untuk yang menggunakan velg jari jari pun lebih mudah kalau mengganti dengan yang baru karena gak serepot dengan velg jari jari. Anda cukup membeli unit velg maka sudah bisa langsung di pasang di motor , sedangkan untuk velg jari jari anda harus membeli ruji, tromol dan velgnya itu sendiri.
Velg Cast wheel ini dalam bagian bearing tidak mudah aus sehingga lebih awet ditambah lagi velg racing jenis ini lebih stabil jika digunakan untuk bermanuver dan digunakan untuk hard breaking. Selain stabil velg jenis ini juga memiliki tampilan yang cukup keren dan lebih mudah dalam perawatannya misalnya dalam mencuci velgnya.
Karena kestabilan yang lebih baik sehingga velg jenis ini banyak digunakan untuk ajang balap road race, dan sirkuit ,sedangkan jika anda ingin menggunakan ban tubeless maka tidak perlu mengakali lagi karena tinggal pasang saja.
Namun velg jenis ini biasanya memiliki harga yang lumayan cukup mahal dibandingkan dengan velg jenis jari jari atau spoke wheel. Untuk dari segi kekuatan velg ini masih dibawah velg jari jari itu artinya kekuatannya masih bagusan velg jari jari . Nah pernahkan anda melihat velg racing hancur saat terjadi crash (walaupun hancur tersebut disebabkan karena benturan yang keras) nah jika mengalami kerusakan pada velg racing maka tidak bisa diperbaiki lagi harus membeli yang baru,tapi jika mengalami kerusakan ringan maka masih bisa di press . Selian itu juga velg racing ini memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan velg jari jari.
Kelebihan Velg Racing  / Cast Wheel
  • Memiliki tampilan yang keren
  • Bisa langsung dipasang menggunakan ban tubeless
  • Memiliki kestabilan yang bagus
  • Praktis dalam pemasangan
  • Lebih mudah dalam melakukan perawatan
  • Tidak murah cepat rusak untuk bagian bearingnya

Kekurangan Velg racing / cast wheel
  • Harga velg lebih mahal
  • Bobot velg lebih berat
  • Lebih rentan penyok jika terkena lubang *tergantung kualitas
  • Jika velg penyok maka mau gak mau harus diganti , apabila penyot dikit masih bisa di press tapi kalau sudah penyok besar maka tidak bisa di press
  • Tidak bisa diecer alias kalau rusak beli satu set velg

Nah kurang lebih itulah beberapa kelebihan dan kekurangan velg racing dan velg jenis jari jari yang bisa saya bagikan,jika anda memiliki referensi atau pengalaman bisa share di kotak komentar dibawah ini .
Demikian informasi yang membahas mengenai Kelebihan dan Kekurangan Velg Racing dan Jari Jari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar